Apa Kabar Pembunuh John Lennon?
Mark David
 Chapman, pria penembak John Lennon 32 tahun silam tampaknya harus bertahan lebih lama di penjara. Permohonan pembebasan bersyarat yang ia ajukan ditolak oleh New York State’s Department of Corrections, 23 Agustus kemarin.

Ini bukan kali pertama Chapman mengajukan surat serupa. Sebelumnya ia telah melakukannya 6 kali dan terus mendapatkan penolakan dari pihak berwenang. Chapman pertama kali melakukannya pada tahun 2000 dan terus mengulanginya setiap dua tahun sekali.

“Panelis telah mencatat perilaku baik Anda selama di penjara, pencapaian program, prestasi pendidikan, capaian tingkat penyesalan, surat dukungan dan semua faktor hukum lainnya. Namun pembebasan bersyarat tidak bisa didapat dengan melakukan hal itu saja,” ujar pihak berwenang di New York.

“Pembebasan Anda akan sangat merusak kehormatan terhadap hukum dan cenderung meremehkan hilangnya kehidupan dengan tragis yang Anda lakukan dengan keji tanpa alasan. Kejahatan dengan kekerasan, dan secara dingin dan direncanakan telah Anda lakukan,” lanjutnya.

Pentolan The Beatles itu meninggal setelah mendapat tembakan dari Chapman pada 8 Desember 1980 di Manhattan. Kematian ini sangat tragis mengingat Chapman sebenarnya merupakan penggemar Lennon. Sehari sebelumnya, Chapman justru telah mendapatkan tanda tangan Lennon di cover album DOUBLE FANTASY.