ngga bisa disangkal, kalo video klip untuk sebuah lagu sangatlah penting. Bukan semata urusan promosi, namun juga menguatkan karakter dan pesan lagu. Tak heran, klip animasi menjadi pilihan banyak band bagus.Klip animasi pun biasanya mendapat apresiasi lebih karena pengerjaan yang lebih rumit dan kompleks.
ini beberapa video klip animasi yang wajib tonton

1. Michael Jackson – Leave Me Alone

 

 Video klip bagus yang secara eksplisit menggambarkan popularitas Michael Jackson. Bernyanyi dari halaman depan surat kabar adalah ide bagus, apalagi menambahkan berbagai berita, mulai dari operasi hidung sampai hubungannya dengan Elizabeth Taylor.

2. Radiohead – Paranoid Android

 

 Seniman Swedia Magnus Carlsson adalah ilustrator klip keren ini. Tak sedikit yang jatuh cinta pada Radiohead setelah menonton klip yang memang sesuai dengan keanehan band pemilik lagunya.

Bagaimana Carlsson mendapatkan ilham? Dengan mengunci dirinya sendiri dan mendengarkan Paranoid Android terus-menerus selama 12 jam, non-stop. Tak heran kemudian ditentukan batas usia untuk nonton video ini. Kalau kamu sudah cukup usia dan punya akun Youtube, cari saja di sana.
(sorry ngga bisa gw share klipnya )

3. A-ha – Take On Me

Sepertinya tak banyak yang mengetahui A-ha adalah pemilik original lagu ini. Bertahun-tahun kemudian, Take On Me memang dinyanyikan oleh begitu banyak band dalam berbagai versi, mulai dari ska, punk, sampai progresif metal.

Klip berisi gambaran sketsa pensil ini keluar tahun 1985, salah satu video animasi pertama yang diputar di MTV.

4. The White Stripes – Fell in Love With a Girl

 

 Semua orang cinta mainan Lego. Sutradara Michel Gondry tak salah menarik kesimpulan seperti itu. Ia membuat klip ini dari satu frame ke frame lain, perlahan membentuk cerita dari mainan plastik warna-warni.

Sempat sejenak berseteru, pihak perusahaan Lego menolak perjanjian kerjasama dengan White Stripes, mengingat segmen mereka di atas 12 tahun. Sayang sekali, ya? Indonesia pun terkena demam Lego melalui band Naif yang membuat boneka personelnya dari Lego.

5. Bjork – I Miss You

 Masalahnya, apapun yang berhubungan dengan Bjork selalu unik, seunik lagu dan pribadi pemilik namanya. Jadi ketika ia muncul dengan beberapa video animasi, tak perlu heran.

Wanderlust dan I Miss You kerap dianggap klip animasi terbaik Bjork, namun KapanLagi.com® memilih yang kedua. Sang penyanyi tampil dalam bentuk kartun yang luar biasa.

6. Gorillaz – Clint Eastwood

 

Tak perlu diragukan, yang besar di era 90-an pasti tahu klip ini. Siapa lagi yang bakal punya ide brilian, membentuk band fana semacam Gorillaz yang bahkan bisa menggelar tur?

Memilih animasi sebagai klip terasa jadi pilihan tepat bagi band yang dimotori Damon Albarn ini. Klip pertama dan masih dianggap yang terbaik, klip ini membantu penjualan album sampai tujuh juta copy.

7. Pearl Jam – Do The Evolution

 

 Mengingat karakter vokal Eddie Vedder dan musik Pearl Jam, animasi yang digunakan dalam Do The Evolution memang terasa tepat. Video luar biasa ini menyampaikan pesan tentang kekuatan alam dan kekuatan manusia.

Pastinya ada sensor dari klip-klip brilian, namun sesungguhnya gambar animasi dan lagunya saja sudah sangat menghibur.